Hari Pahlawan



       Hari pahlawan adalah hari yang sangat penting, karena hari pahlawan kita memperingati pertempuran yang pernah terjadi di Surabaya pada tahun 1945. Hari Pahlawan diperingati pada tanggal 10 November pada setiap tahunnya.
       Tidak ada pahlawan yang tidak berjasa, karena semua pahlawan pasti berjuang dengan keras untuk Negara kesatuan Republik Indonesia. Mereka rela mengorbankan apa saja demi rakyat Indonesia bahkan mereka semua rela mati demi kita. Para pejuang bangsa lebih mementingkan Negara dan rakyat dibandingkan diri mereka sendiri. Selalu terpikir oleh mereka apa yang harus diperjuangkan berikutnya, kita generasi sekarang tinggal memetik kemerdekaan yang telah mereka raih. Negara yang merdeka dan berdaulat adalah harapan dan mimpi mereka yang kini telah tercapai.
       Saat di medan perang, para pahlawan kita bahkan hanya menggunakan persenjataan yang sangat sederhana, tidak ada apa – apanya dibandingkan dengan senjata para sekutu. Hanya dengan menggunakan senjata seperti bambu runcing dan keris para pejuang dapat berhasil memerdekakan negara Indonesia Tidak akan terhitung jumlah orang – orang pada waktu itu yang ikut serta membantu Indonesia untuk merdeka, dan banyak sekali dari mereka yang meninggal bukan karena kepentingan mereka sendiri, tapi bangsa.
       Generasi penerus harus belajar tentang jasa pahlawannya, bahkan banyak nilai yang dapat di petik dari perjuangan mereka untuk dipraktekan di kehidupan sehari – hari. Untuk itu generasi penerus, khususnya siswa harus dapat menghargai perjuangan para pahlawan, salah satunya dengan cara mengikuti upacara bendera dengan baik, menyanyikan lagu kebangsaan kita “Indonesia Raya” dengan hikmat, berpakaian yang bersih dan rapih, tidak terlambat menghadiri upacara, bisa juga dengan mencintai barang produksi dalam negeri dari pada bangga dengan membeli produk – produk impor. Banyak produk – produk dalam negeri yang bagus dan berkualitas yang dapat mewakili ciri khas negara kita seperti batik, kebaya, rendang, sate, dll. Mari kita mencintai produksi dalam negeri sebagai wujud dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.
       Bagi saya pribadi, peringatan hari pahlawan merupakan semangat berani dalam menghadapi tantangan dan rintangan hidup kedepan, tidak boleh mudah patah semangat, optimis dan yakin dalam menggapai cita – cita, tidak membeda – bedakan teman berdasarkan suku dan agama dan menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan.
       Jadi, perlu saya ingatkan lagi bahwa hari pahlawan itu sangatlah penting, mari kita doakan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan bangsa yang telah berjuang  sampai titik darah penghabisan, mari kita teladani suri tauladan yang telah diberikan para pahlawan, dan sama – sama kita jaga Negara Kesatuan Republik Indonesia, mulai dari laut, darat dan udara di wilayah negara kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer